Kamis, 02 Oktober 2014

Kipas Yang Rusak Juga Bisa Membuat Laptop Sering Mati

Jika Anda pengguna notebook/laptop, tentu pernah mengalami atau paling tidak mendengar tentang kasus laptop yang sering mati. Nah, pasti Anda juga akan bertanya-tanya, kenapa laptop Anda bisa sampai seperti itu. Dan Anda pasti ingin mengetahuinya bukan? Oleh karena itulah saya membuat tulisan ini, yang akan menjelaskan salah satu penyebabnya berdasarkan pengalaman saya.

Dalam berbagai kasus laptop yang sering mati, terdapat satu penyebab yang berasal dari rusaknya fan/kipas pendingin "heat sink" di dalam laptop. Jika kipas pendingin tersebut telah rusak, dapat dipastikan prosesor akan mengalami panas di atas suhu standar. Sehingga mengakibatkan sistem di dalam mainboard mematikan laptop secara otomatis. Oleh karena itulah laptop menjadi mati sendiri.

kipas laptop rusak

Saya sering mendapatkan masalah seperti itu. Ketika banyak pelanggan yang mengeluh, bahwa laptop mereka mati dalam hitungan menit setelah laptop dihidupkan. Padahal, mereka selalu menghidupkan laptop dengan cara yang benar. Tapi tetap saja, laptop mereka menjadi mati.


Beberapa kali saya mendapatkan kasus seperti itu, dan setelah saya lakukan pembongkaran ternyata fan/kipas di dalam laptoplah yang mengalami kerusakan. Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa jika kipas yang mendinginkan heat sink pada laptop telah rusak, maka laptop menjadi mati mendadak saat dipakai. Dan masalah seperti itu juga merupakan kerusakan yang sering terjadi pada laptop acer 4738.


Jika kipas laptop Anda telah rusak, Anda sebaiknya melakukan pengetesan dengan meminjamkan fan/kipas dari laptop lain yang sejenis. Tentunya dengan kipas yang masih berfungsi lo ya..! Jika laptop Anda telah dihidupkan dan kipas lain tersebut bisa berputar normal, berarti memang fan di laptop Anda telah mengalami kerusakan.


Silahkan hidupkan laptop Anda dengan kipas pinjaman itu, dan gunakan terlebih dahulu laptop Anda dalam waktu yang cukup lama. Jika sudah tidak ada masalah lagi, berarti Anda tinggal mencarikan kipas baru yang sesuai untuk laptop Anda di toko komputer terdekat.


Berdasarkan pengalaman sih, harga untuk sebuah kipas laptop ada pada kisaran 200-400 ribu rupiah. Nah, tapi masing-masing daerah tentunya memiliki harga yang tidak sama. Oleh karena itulah silahkan ditanyakan di toko komputer di daerah Anda.



O iya, jika kipas laptop Anda belum diganti, jangan coba-coba untuk sering menghidupkan laptop Anda. Sebab jika Anda memaksanya, akan sangat berbahaya bagi prosesor Anda. Jika prosesor telah rusak, maka biaya perbaikan untuk laptop Anda lebih tinggi lagi.


Baiklah, saya rasa cukup sekian saja tulisan tentang sedikit pengalaman saya ini, semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan. Dan saya sangat senang jika Anda mau menambahkannya guna kesempurnaan artikel ini. Terima kasih.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar